Welcome

WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 06 Juli 2011

Kejujuran adalah Integritas



“Integritas adalah mengatakan kepada diriku apa yang benar. Dan kejujuran adalah mengatakan kebenaran itu kepada orang lain.” – Spencer Johnson



Mahatma Gandhi kecil adalah seorang anak yang sangat pemalu. Ketika bel pulang berbunyi, Gandhi akan segera berjalan menuju rumahnya. Padahal, anak-anak lain bermain terlebih dahulu atau jajan di tempat lain.

Pada suatu hari, seorang pengawas sekolah dari kota datang ke sekolah Gandhi. Pengawas itu seorang berkebangsaan Inggris karena saat itu India masih dijajah oleh Inggris. Pengawas ingin melihat kemajuan pelajaran di kelas yang Gandhi ikuti. Pengawas itu menyebutkan lima kata dan memerintahkan anak-anak untuk menuliskan kata-kata tersebut di buku mereka.

Sembari anak-anak mengerjakan, sang guru yang juga ada di kelas berkeliling dan memeriksa pekerjaan murid-muridnya. Ketika melihat kesulitan yang dialami Gandhi, gurunya berbisik, “Contek saja dari temanmu…” sambil menunjuk ke arah teman Gandhi yang duduk di sebelahnya. Namun, Gandhi menolak melakukan itu.

Ketika pengawas sudah pergi gurunya berkata, “Memangnya kau tidak bisa meniru apa yang ditulis teman-temanmu?”

Kata-kata itu disambut oleh tawa seisi kelas.

Ketika pulang dari sekolah, Gandhi terlihat sedih. Ibunya bertanya, “Kenapa? Apa yang terjadi di sekolah?”

“Aku disuruh guru menyontek…,” kata Gandhi dengan muka sedih.

Gandhi bukannya sedih karena tidak bisa mengerjakan tugas dari gurunya, melainkan karena gurunya menyuruhnya berbohong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar